Cara Tepat Melakukan Tummy Time pada Bayi

  • Sebenarnya aktivitas Tummy Time tidak ribet dan mudah diterapkan, hanya saja memang memerlukan waktu yang tepat. Bunda bisa melakukan kegiatan tersebut saat Si Kecil baru bangun dari tidur siang, habis berganti popok atau setelah dimandikan.

    Hindari melakukan aktivitas tersebut setelah bayi menyusui karena dapat menyebabkan perutnya tertekan dan akhirnya muntah. Agar lebih jelas dan paham coba lakukan tips-tips sebagai berikut:

    • Aktivitas tengkurap sebaiknya dilakukan di tempat datar, misalnya kasur, lantai, atau di atas pangkuan Bunda. Usahakan tempat tersebut bersih dan luas agar Si Kecil bisa lebih leluasa bergerak dan merasa nyaman.
    • Sebelum aktivitas dimulai, maka bersihkan terlebih dahulu tempat tengkurap. Beri alas kain atau bantal tipis agar perut dan dada bayi lebih nyaman saat tengkurap.
    • Letakkan bayi secara perlahan pada alas tersebut dengan posisi tengkurap
    • Agar lebih menyenangkan dan Si Kecil tidak merasa bosan, ajak bayi berkomunikasi atau memberikannya mainan. Bisa juga dengan cara Bunda mengajak Si Kecil bercanda atau memperlihatkan gambar menarik di buku. Hal tersebut selain membuat bayi lebih ceria juga dapat membuatnya belajar untuk tanggap.
    • Letakkan cermin di depan bayi agar perhatiannya hanya tertuju pada bayangannya sendiri. Si Kecil biasanya akan merasa lebih senang ketika melihat bayangannya tersebut sambil tersenyum.

    Memang awalnya bayi akan menolak dan rewel saat dilatih tengkurap, tapi lama-kelamaan bayi akan terbiasa dan justru senang saat melakukannya. Sebagai orang tua, pastikan Bunda selalu mengawasi ketika melakukan aktivitas Tummy Time. Siap melakukannya dengan Si Kecil hari ini, Bun? 

     

    Source: https://www.haibunda.com/